Meskipun traffic di marketplace sudah ada dan sarana infrastruktur berjualan telah disediakan, berjualan di marketplace juga memiliki challenge tersendiri. Buyer di marketplace memiliki banyak option untuk memilih seller sehingga kita sebagai seller perlu memikirkan strategi agar bisa stand out dari banyaknya pesaing lainnya. Berikut 5 tips sederharna untuk meningkatkan penjualanmu di marketplace, yuk disimak!

1. Jumlah dan Variasi Produk

Dengan semakin banyak produk yang kamu upload di marketplace, berarti semakin tinggi pula kesempatan toko muncul di halaman search calon pembeli. Pastikan juga produkmu memikli banyak variasi seperti warna, ukuran, dan sebagainya sehingga calon customer dapat memilih dengan leluasa.

2. Harga Bersaing

Sebelum kamu upload produk yang ingin kamu jual di marketplace, pastikan kamu telah melakukan research tentang harga produk serupa di pasaran. Jangan memasang harga terlalu tinggi karena buyer akan dengan mudah menemukan seller lain di marketplace. Akan tetapi, pastikan juga kamu tidak menjual harga dibawah MSRP (Most Suggested Retail Price) untuk beberapa produk yang memiliki ketentuan dari supplier. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan harga di pasar. Jika produk yang kamu jual adalah produk unik yang belum populer di pasaran, kamu bisa menentukan harga jual sendiri yang menurutmu cocok dan masuk akal.

3. Marketing di Media Sosial

Media sosial seperti Instagram dan Facebook adalah platform yang menarik untuk melakukan pemasaran toko kamu di marketplace. Kamu bisa upload foto, deskripsi, dan review produkmu di media sosial namun tetap mengarahkan pembeli untuk melakukan transaksi melalui marketplace. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pembeli karena perusahaan marketplace akan bertindak sebagai mediator atau pihak penjamin. Selain itu, dengan semakin banyak produk yang terjual di marketplace, maka review dan rating tokomu akan meningkat pula di aplikasi marketplace tersebut. Hal ini akan mempercantik tokomu dan meningkatkan trust dari calon customer kedepannya.

4. Melakukan Ads

Dari sekian banyak bahkan ribuan seller yang ada di marketplace, bagaimana kita bisa mendatangkan traffic ke tokomu? Yup, ads adalah salah satu jawabannya. Kamu bisa melakukan ads di Shopee dengan minimum top up Saldo Iklan Shopee sebesar IDR 25.000, sedangkan minimum top up di Tokopedia adalah IDR 50.000. Pembayaran top up ini dapat melalui saldo dari penghasilan toko kamu sebelumnya atau melalui metode pembayaran sesuai opsi yang tersedia di marketplace. Kamu juga bisa cek insights atau statistik iklan kamu untuk tahu apakah iklan yang kamu lakukan telah berjalan dengan efektif. Sebagai contoh, pada halaman statistik produk di Shopee, kamu bisa cek berapa kali produkmu dilihat, jumlah klik, presentase klik, dan jumlah pesanan yang masuk berdasarkan iklan yang telah ads yang telah kamu lakukan. 

5. Promosi Toko

Marketplace seperti Shopee dan Tokopedia memiliki fitur promosi yang tersedia di platform mereka untuk membantu seller meningkatkan penjualannya. Contohnya di Shopee, kamu bisa memanfaatkan fitur Promo Toko, Voucher Toko, Paket Diskon, Flash Sale, dan gratis ongkir. Sedangkan di Tokopedia, kamu bisa menggunakan Voucher Gratis Ongkir, Voucher Cashback, dan Bebas Ongkir di halaman Iklan dan Promosi yang ada di aplikasi Tokopedia. Dalam hal ini, kamu memiliki kebebasan sebagai seller untuk membuat promosi yang cocok untuk meningkatkan transaksi di tokomu. Kamu juga bisa melakukan penjualan bundling dengan harga khusus untuk menarik buyer belanja lebih banyak.